Pages

Sunday, May 19, 2013

Pemerintah ingin beli pesawat amfibi Selandia Baru

Pesawat Amfibi milik TNI AL dalam suatu uji coba


Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengapresiasi rencana kerjasama Indonesia dengan Selandia Baru. Dia berharap, kerja sama itu akan fokus pada sektor teknologi, karena negara tetangga Australia itu banyak menguasai teknologi penerbangan.

Selandia Baru mengklaim telah memproduksi 1.000 pesawat dan mengekspornya ke 80 negara di dunia. Oleh karena itu, Wamendag berharap Indonesia dapat menikmati hasil karya kedirgantaraan mereka, khususnya pesawat amfibi yang dapat digunakan di Tanah Air dengan kondisi geografis kepulauan.

"Saya berharap kita bisa kerjasama dengan Selandia Baru, antara lain misalnya pesawat amfibi. Pesawat yang bisa mendarat di air karena kita kepulauan," kata Bayu di hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Senin (20/5).

Menurut Bayu nilai perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru tahun lalu mencapai USD 1,1 miliar. Namun masih defisit di pihak Indonesia sebesar USD 250 juta. Selain membeli teknologi penerbangan, dia berharap kerja sama ekonomi dapat diperluas ke sektor makanan dan minuman salah satunya dairy (produk olahan susu).

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Suryo Bambang Sulisto seharusnya Indonesia banyak belajar dari mereka dalam mengelola hasil kelautan.

"Kita banyak impor susu, ikan, kita perlu belajar dari sana. Kita coba pelajari sekitar apa yang mereka miliki," tutur Suryo. (merdeka.com)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...