Pages

Sunday, April 21, 2013

Tank Udara Mematikan : Helikopter Serang (1)

Helikopter Mil Mi-35 Hind Attack buatan Rusia. Khas heli serbu, tampak gagah dan sangar.
Indonesia boleh ketinggalan dari negara-negara maju dalam hal industri helikopter, tapi tak akan butuh waktu lama bagi Indonesia untuk bisa mengejar ketertinggalannya. AS sudah memulai industrialisasinya lebih dari 400 tahun yang lalu, sementara kita baru 68 tahun yang lalu merdeka. Jika rentang tahun sebagai ukuran investasi waktu yang dibutuhkan, maka sebenarnya kita sudah sangat cepat mampu mendekati mereka. Sekarang, PT DI mampu membuat helikopter jenis Bell, tapi tak akan lama untuk mampu menuju Mi 35 atau Apache, atau AugustaWestland yang pada tingkatannya sekarang, ketika Eropa atau AS sudah meletakkan dasar-dasarnya ratusan tahun yang lalu.
Mil Mi 35 milik TNI AD Indonesia

Ilmu pengetahuan dan teknologi memberi akselerasi tersendiri bagi mereka yang tertinggal,  untuk mengejar yang terdepan dengan kemampuan berkali lipat lebih cepat. Penulis yakin, kita akan menuju ke sana tak lama lagi. Mari kita proyeksikan helikopter serang seperti di bawah ini kelak akan kita kuasai teknologinya. Urutan pembahasan secara acak, bukan atas dasar teknologi terbaik.

Bagian 1 : Mil Mi-35 Hind Attack (Rusia)

Di bagian 1 ini penulis bahas sepintas tentang heli serbu yang diproduksi oleh pabrik helikopter di Moskow, Rusia. Heli ini cukup terkenal di dunia. Penyeimbang utama kekuatan Barat. Heli ini banyak digunakan oleh negara-negara EropaTimur dan kawan-kawan, dan sebagian negara berkembang non blok. Tak satu pun negara yang tergabung NATO menggunakan heli ini, karena faktor perang dingin masa lalu, sama halnya China hampir tak tak pernah membeli peralatan tempur dari AS.

Heli serang Mi 35. Senapan mesin, bom, dan roket adalah perlengkapan standard mereka.
Helikopter adalah Tank udara : kuat, cepat, dan mampu menjelajah medan tempur apapun karena fleksibilitasnya yang tinggi.  Seperti halnya tank yang mampu merangsek  medan sulit tak terjangkau oleh panser atau kendaraan darat lain, Helikopter adalah penjelajah handal yang mampu menjalankan misinya di wilayah yang tak bisa di darati oleh pesawat tempur. Ia bisa masuk hutan, pulau karang sangat kecil, atap gedung tinggi, di geladak kapal perusak, atau bahkan di tengah laut. Tempat yang tak mungkin didarati oleh pesawat tempur jenis apapun. Helikopter mampu mendarat di bidang seluas tubuhnya.

Mi35
Heli Serang adalah teater perang. Mi 35 adalah salah satu pemain yang diperhitungkan saat ini. Panggungnya ada di India, Indonesia, China, Pakistan, dan lain-lain.


Pendahulu Mi 35 dan Mi 35p adalah Mil Mi 24, Mil Mi 25, dan Mi 28. Ini adalah helikopter tempur pembawa senjata dan transport serdadu dengan kapasitas rendah, yakni memuat 8 orang penumpang.

Heli Serang Mi 24 Hind Attack 

Heli pemburu malam Mil Mi-28.
MI-28 Havoc
Night Hunter Mil Mi 28 Attack Gunship Russian

Mil Mi 35 Hind Attack  Gunship Heli
Hlikopter ini diproduksi Mil Moscow Helicopter plant. Panjang 17 meter dan kecepatan 335 km/jam. Heli ini terbang pertama kali tahun 1969 dan diperkenalkan pada tahun 1974.  


Indonesia menerima 6 unit helikopter Mi 35 Hind Attack ini dari Rosoboronexport, Rusia pada tahun 2008 lengkap dengan persenjataannya. Pembelian ini pun tak lepas dari radar para analis di Washington DC, dan sebagai respon, ada dari mereka yang menulis : damn !! 


Mi 35 Hind Attact milik TNI AD.


Perbandingan berbagai Helikopter Serang

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...